Cara Membuat email co.cc

Kembali ingin berbagi tentang apa yang baru saya temukan. Sesuai judul diatas untuk postingan kali ini saya akan mengangkat topik bagaimana membuat email dengan domain anda sendiri, Contohnya: mail.novamail.co.cc. Sengaja saya mengambil bahasan ini dari domain gratis. Karena saya belum mampu beli  domain bayar .. heu :) 

Udah pada ga sabar kan gimana cara buatnya?? Ya udah kita mulai ajah yuk??

Pertama anda harus mempunyai account di http://co.cc Kalo belum, baca dulu artikel saya yang sebelumnya disini.


Udah belum bikinnya?? Kalo udah anda login di account co.cc , setelah itu klik menu getting a new domain. Masukkan alamat yang anda inginkan. Setelah selesai anda langsung dihadapkan pada tampilan apakah alamat itu tersedia atau tidak. Klo tidak tersedia ya cari nama lain. Setelah itu anda klik tombol Continue Register. Maka akan muncul tampilan berikutnya. Anda klik tombol Set Up. Dan tampillah halaman yang seperti ini


Anda pilih Zone record. Biarkan halaman ini tetap terbuka tanpa di edit sedikitpun. Kita lanjut ke step yang berikutnya. Lalu buka situs http://www.google.com/a/cpanel/domain/newMaka akan tampil halaman seperti ini


Pilih Administrator: I own or control this domain. Dan isikan nama domain yang anda inginkan. Misalkan: novamail.co.cc. Kemudian Klik tombol Get Started.
Nah setelah itu anda pasti akan mendapatkan halaman form yang akan tampil seperti gambar dibawah. Isi form tersebut dengan lengkap.


Selanjutnya klik tombol continue. Pada step berikutnya anda akan disuruh untuk membuat account administrator. Dimana account ini yang bisa mengontrol dan memanajemen terhadap domain email anda. Tampilannya adalah sebagai berikut.


Pastikan anda mengisi dengan benar dan jangan lupa untuk mencentang setiap check box. Kemudian klik I accept continue with set up. Setelah itu anda bertemu dengan halaman seperti gambar dibawah.


Pilih Change yourdomain.co.cc CNAME record. Dan setelah itu anda akan masuk di halaman informasi dari CNAMe nya.


Tahan dulu pada saat bagian ini. Kita tinggalkan terlebih dahulu halaman diatas. Sekarang kita kembali buka halaman co.cc yg tadi kita tinggalkan. Pada account co.cc anda pilih Zone Record kemudian akan muncul kotak dialog. Isikan data-data tersebut berdasarkan pada halaman GoogleApps.
Contoh punya saya:
Host: googleffffffffc326c2d4.novamail.co.cc
TTL : Biarkan default seperti itu
Type: CNAME
value : google.com
Kemudian klik tombol Set Up. Kemudian anda harus balik lagi ke halaman Google Apps yang td ditinggalkan dan klik I've complete these step.

Ribet banget ya?? pastilah. kan pngen punya email dengan domain sendiri. :)

Setelah itu anda akan dibawa ke dashboard dari Google Apps Dengan tampilan seperti dibawah.


Setelah itu anda klik Activate Email. Dan anda akan bertemu lagi dengan halaman informasi. Klo yang td adalah halaman info dari CNAME. sekarang adalah halaman info untuk memasukkan MX record. Di halaman tersebut terdapat tabel yang berisi MX Server address. Dengan urutan yg default. Dan urutan prioritas ini tidak bisa diganggu gugat karena sudah default dari google.


Sekarang kita tinggalkan kembali halaman tersebut. Masuk lagi ke Zone record di co.cc. Kali ini anda siap memasukkan satu persatu MX Server Adress tersebut. Caranya adalah isi data pada kotak dialog zone record.
Contoh punya saya:
Host : novamail.co.cc
TTL: biarkan default
Type : MX     priority:10 (priority sesuaikan dengan data yang ada pada tabel diatas)
value: ASPMX.L.GOOGLE.COM (tanpa titik dibelakang)

Klik Tombol set up
Lakukan hal ini berulang kali sampai semua data yang ada pada tabel masuk semua dalam zone record co.cc. Harap diperhatikan urutan tersebut tidak bisa diubah. Maka dari itu anda masukkan data tersebut sesuai urutan. :)
Setelah selesai maka tampilannya akan seperti ini.


Kembali ke halaman Google Apps. kemudian klik tombol I've completed these step. setelah itu anda akan kembali ke halaman dashboard dari Google Apps

Terlau panjang ya?? Ayo donk ttp semngat selesein stepnya. dikit lagi kok :)

Nah sekarang kita mulai melakukan step penggantian url. Google Apps memberikan default URL untuk mengakses domain email kita dengan http://mail.google.com/a/novamail.co.cc . Ribet kan ?? dan terlalu panjang. Nah klo anda ingin url anda menjadi Misalkan http://mail.novamail.co.cc lebih simpel kan??
Ayo kita mulai gimana bisa mengganti urlnya..

Pada halaman Dashboard anda pilih Service settings dan pilih link email.
Ketemu ga?? udah?? Sekarang kita dihadapkan dengan halaman seperti gambar dibawah.

kita coba klik Change url. maka akan muncul gambar seperti ini:



Kita pilih yang bawah(Custom). kemudian klik Continue.dan sekarang anda dibawa ke halaman pemberian CNAME dari url yg baru.
Tinggalkan dlu sebentar halaman ini. Kita kembali ke halamn co.cc. Masuk Zone Records Lagi. Dan isikan data-datanya.
Contoh punya saya
Host: mail.novamail.co.cc
TTL : Biarkan default seperti itu
Type: CNAME
value : ghs.google.com

kembali lagi ke Google Apps. Klik I've completed these step.

Selesai deh. :) lumayan ribet yah?? hehehe.. Anda tinggal menunggu 1-3 jam untuk bisa diakses.

Nah kalo anda ingin mengedit tampilannya anda bisa Masuk Domain settings --> Appereance Nih liat ajah tampilannya.
 



Postingan Populer